Alasan Jarum Jam Berputar ke Kanan

5 Des

Perputaran Jam DuniaBerbeda dengan sekarang, zaman dulu jam adalah benda mewah yang hanya bisa dimiliki oleh orang-orang “ber-uang”, bentuknya pun masih berukuran besar. Tapi sekarang malah jam telah menjadi perlengkapan yang bisa dikatakan wajib dimiliki, ukurannya juga sudah banyak berevolusi bahkan hargaNya lumayan murah meriah😀 . Saat melihat jam arloji kita adakalanya terpikirkan oleh kita mengapa jarum jam bergerak ke kanan? Sekilas hal kecil seperti ini memang nampak sepele, namun ada sejarah mengapa jarum jam bergerak ke kanan.

Dahulu sebelum jam ditemukan beberapa suku dan bangsa kuno sudah mengenal sistem waktu dengan cara pengukuran yang berbeda. kata jam telah di gunakan pada abad ke 14 sekitar 700an tahun yang lalu. Nah, nama itu berasal dari bahasa latin yang namanya “clocca” yang kemudian dalam bahasa inggris disebut “clock”

jam tertua bernama jam sundial atau biasanya disebut dengan jam matahari. Konon, jam matahari pertama kali digunakan kira-kira sekitar 3.500 sebelum masehi. selain itu keberadaan jam semakin dsempurnakan oleh temuan Ibn al-Shatir, Ahli Astronomi ( 777H atau 1375M.) menciptakan sebuah jam matahari untuk Masjid Jamik Umayyah di Damsyik. selain jam matahari ada juga jam air,juga jam pasir, jam arloji hingga jam atom. Bila dilihat dari awal akan kita temukan mengapa jarum jam berputar ke arah kanan pada kehidupan bangsa mesir yang merupakan salah satu bangsa yang pada waktu itu sudah bisa mengamati waktu dengan memanfaatkan pergerakan matahari. Mereka mendirikan sebuah tugu yang disebut obeliks, ketika matahari bergerak maka bayangan dari tugu tersebut juga akan bergerak, dari sanalah mereka mengukur waktu. Karena matahari terbit dari timur dan Mesir berada di belahan dunia bagian utara maka ketika matahari bergerak bayangan dari tugu obeliks pun bergerak ke kanan.

Itulah alasan kuat mengapa akhirnya jarum jam dibuat bergerak ke kanan, seandainya Mesir berada di belahan dunia bagian selatan mungkin kita akan melihat jarum jam bergerak ke kiri.

Mengapa jarum jam berputar demikian (searah jarum jam)?

Mengapa jarum jam berputar demikian? Sejak dulu belahan bumi utara – dibanding belahan bumi selatan – lebih banyak ditinggali manusia. Mereka menentukan waktu menggunakan bayangan dari cahaya matahari. Di belahan bumi Utara, ketika matahari terbit di Timur, bayangan berada di Barat. Ketika matahari terbenam di Barat, akhirnya bayangan berada di Timur. Sejak terbit sampai terbenamnya matahari, bayangan bergerak dari Barat ke Timur melewati Utara (seperti arah jarum jam sekarang). Jadi, bisa disimpulkan bahwa arah jarum jam ke kanan berawal pada awal penemuan jam matahari yang saat itu sang penemu jam matahari berada di belahan bumi utara.

sumber : Editing sebagian dari misteriduniafana.blogspot.com & blog lain yang lupa (keburu posting)
hehehe…
please, take4give all😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: