Sistem Kerja Bank (umum)

5 Des

Bank… bagi orang awan hanyalah tempat perputaran uang berlangsung mulai dari menabung hingga meminjam. Namun melihat pandangan bank seperti itu, apa yang akan kita jawab jika ditanya secara spesifik bagaimana cara bank itu memberikan gaji kepada karyawannya yang sedemikian banyak dengan banyaknya perputaraan transaksi besar ?

Ada baikNya kita mengenal lebih dekat mengenai system kerja bank secara umum, kita bisa menilai kinerja bank yang kita gunakan jika mengetahui trasparan kerja yang pegawai bank pun belum tentu sepenuhNya tau.

Sistem kerja bank ( bank employment system ) : Prinsipnya, bank bekerja untuk menghimbun dana dari masyarakat/corporat (disebut dana pihak ketiga) untuk kemudian disalurkan dalam bentuk kredit ke masyarakat/corporat. Sebagai kompensasi bagi pihak ketiga yang menempatkan dana di bank, bank memberikan kompensasi berupa bunga kepada pemilik dana. Demikian pula ketika bank menyalurkan kredit, maka bank menarik bunga atas dana yang dikreditkan. Nah, agar bank dapat membiayai operasionalnya, maka bunga yang diberikan terhadap dana simpanan tidak boleh lebih tinggi dari dana yang disalurkan sebagai kredit. Selisih bunga kredit diatas bunga simpanan disebut spread. Biasanya spread ini berkisar antara 4-8% per tahun.

Lalu, Bagaimana Bank memperoleh keuntungannya dari nasabah ( How Banks derive profits from the customer ) ?

(gimana perputaran uang nasabah yang dalam jumlah besar itu berputar)

Sumber pendapatan Bank ada 2 :

  1. Pendapatan Bunga, (Net Intereset Margin), yaitu selisih antara jumlah seluruh penghasilan bunga yang diperoleh bank selama masa tertentu dengan jumlah beban bunga yang harus mereka tanggung selama periode yang sama.
  2. Free Bace Income, yaitu pendapatan dari berbagai jasa yang diberikan oleh bank. Misalnya: biaya transfer antar rekening. Biaya administrasi tabungan dan ATM, SMS banking, Internet banking, biasa penyaluran kredit, dan sebagaiNya.

 Bila kita bandingkan sistem bank dulu dengan bank sekarang, dapat kita temukan bahwa bank sekarang banyak bekerjasama dengan pihak perusahaan asuransi dan investasi untuk keuntungan bersama dan meringankan beban periklanan demi meningkatkan efisiensi dan efeksitas kinerja bank.

Untuk kita ketahui, Fungsi utama dari bank adalah menyediakan jasa menyangkut penyimpanan nilai dan perluasan kredit. Bank berEvolusi dari fungsi awal saat pertama kali mendapat istilah bank, bank berawal dari awal tulisan dimana kegiatanNya sekedar simpan dan pinjam seperti koperasi dimana kegiatan ini tersimpan dalam sebuah catatan transaksi, dan berlanjut sampai sekarang, dimana bank sebagai institusi keuangan yang menyediakan jasa keuangan. Sekarang ini bank adalah institusi yang memegang lisensi bank. Lisensi bank diberikan oleh otoriter supervisi keuangan dan memberikan hak untuk melakukan jasa perbankan dasar, seperti menerima tabungan dan memberikan pinjaman (*sedikit rumit dimengerti alur evolusi bank). Jasa bank sangat penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Jasa perbankan pada umumnya terbagi atas dua tujuan, yaitu :

  1. Sebagai penyedia mekanisme dan alat pembayaran yang efesien bagi nasabah. Untuk ini, bank menyediakan uang tunai, tabungan, dan kartu kredit. Ini adalah peran bank yang paling penting dalam kehidupan ekonomi. Tanpa adanya penyediaan alat pembayaran yang efesien, maka barang hanya dapat diperdagangkan dengan cara barter yang memakan waktu.
  2. Dengan menerima tabungan dari nasabah dan meminjamkannya kepada pihak yang membutuhkan dana, berarti bank meningkatkan arus dana untuk investasi dan pemanfaatan yang lebih produktif. Bila peran perbankan ini berjalan dengan baik, ekonomi suatu negara akan meningkat.

Tanpa adanya arus dana ini, uang hanya berdiam di saku seseorang, orang tidak dapat memperoleh pinjaman dan bisnis tidak dapat dibangun karena mereka tidak memiliki dana pinjaman.

Eksistensi perbankan dalam suatu negara akan sangat dipengaruhi oleh kemampuannya membaca perubahan-perubahan di lingkungan eksternalnya, baik pada lingkup nasional maupun internasional.

Share from Take for Give you all

10 Tanggapan to “Sistem Kerja Bank (umum)”

  1. stafaband2.us November 14, 2016 pada 12:00 pm #

    download lagu http://www.stafaband2.us

  2. dimas Oktober 23, 2014 pada 1:54 am #

    server bank ada dimana,.,
    dan memakai apa system operasinya,.,

    • Dae Februari 11, 2016 pada 10:19 pm #

      Lu mau hack tu server. Hahaha
      Jangan ngelucu lah

  3. MMM Indonesia Juli 16, 2014 pada 6:27 am #

    Komunitas MMM adalah Suatu Komunitas Sosial Money Network Terbesar didunia
    Dimana MMM sendiri mulai berdiri di Negara Rusia pd th 2012 hingga saat ini sudah meramba ke seluruh Penjuru Asia.
    System MMM akan memberikan Reward 30% setiap bulanya
    Semisal Kita PH 1jt sebulan kemudian Kita dapat GH 1,3jt
    Dengan Akumulasi Maximal 10jt

  4. ninda Mei 25, 2014 pada 8:35 am #

    bagaimana proses kerja transaksi ATM yang menggunakan jaringan ATM Bersama?

  5. chandra amin fauzi Mei 2, 2014 pada 3:17 am #

    saya ingin bertanya benarkah bahwa ketika kita menabung di bank dana kita dipotong sebesar 30%?

  6. ivah Maret 10, 2012 pada 10:37 pm #

    thanks ya…. tulisanya bermanfaat banget…

    • mdtsukasa Maret 15, 2012 pada 11:27 pm #

      ^_^
      yups… senang bisa berbagi
      rencanaNya sih mau posting produk bank lain juga
      tapi masih sibuk aktifitas dunia nyata🙂
      moga aja minggu depan ada artikel lagi😀

Trackbacks/Pingbacks

  1. Protokol | bibahhabibah54 - September 9, 2014

    […] Teknologi ATM menawarkan dua karakteristik yang memperbaiki tingkat kecepatan transfer data. Pertama, besarnya paket yang dikomunikasikan menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan protokol-protokol untuk sistem telepon, sehingga memungkinkan paket-paket dari pengguna yang berbeda yang melewati jaringan pada waktu yang bersamaan dapat dikelompokkan secara merata.Karakteristik ATM yang kedua adalah mengingkatnya kecepatan, dari 25 hingga 155 Mbps. Bahkan, peralatan ATM dapat menggabungkan 16 saluran menajadi satu untuk menghasilkan kecepatan transfer hampir sebesar 2,5 juta bit per detik.                        Sistem Kerja Bank (umum) […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: