Toyota menambah Produksinya dengan 1,3 triliun

18 Jan

macam varian produk mobil toyotaToyota Motor Corp. (TMC) sebagai pusat dikenal sebagai salah satu produsen mobil terbesar  di Indonesia kini menambah investasi lagi sebesar Rp1,3 triliun untuk meningkatkan kapasitas produksi menjadi 230 ribu unit mobil per tahun pada 2013 di Indonesia. Jadi, total investasi TMC mencapai Rp4,1 triliun, kata Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

“TMC sudah setuju menambah kapasitas lagi sebesar 50 ribu unit per tahun di Indonesia,” katanya. Dikatakannya penambahan kapasitas baru tersebut ditujukan untuk memenuhi permintaan pasar domestik Indonesia yang terus meningkat, di samping ekspor.

Tahun lalu, Presdir TMC Akio Toyoda telah menyampaikan pihaknya berencana menambah kapasitas produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dari 110 ribu menjadi 180 ribu unit per tahun, dengan investasi sekitar Rp2,8 triliun. Kepala Hubungan Luar TMMIN, Irwan Priyantoko, mengatakan luas pabrik yang ada di Karawang, Jawa Barat, yang mencapai 100 hektare masih cukup untuk membangun pabrik baru dari investasi tambahan tersebut. “Saat ini baru sekitar 40 hektare yang terpakai, termasuk pabrik baru yang dalam pembangunan untuk menambah kapasitas sampai 180 ribu unit. Investasi tambahan untuk 50 ribu unit lagi, belum kami lihat gambarannya seperti apa, apakah tambah bangunan atau tidak,” katanya. Selain pabrik, lanjut Irwan, pabrik Toyota di Karawang juga memiliki fasilitas stockyard (lapangan penyimpanan) dan uji kendara

“Ini merupakan investasi tambahan karena TMC melihat pasar Indonesia yang terus tumbuh,” ujar Johnny yang juga Wapresdir TMMIN.

Dengan investasi tersebut, ia memperkirakan, pada akhir 2013 total kapasitas produksi TMMIN mencapai 230 ribu unit per tahun. Sedangkan, pada akhir 2012 atau awal 2013 kapasitas produksi TMMIN mencapai 180 ribu unit per tahun. Selain menambah investasi di Indonesia, TMC juga menambah investasi di Thailand. “Thailand dan Indonesia akan menjadi basis produksi Toyota yang besar di Asia Pasific,” ujarnya. “Saat ini Toyota belum bisa memenuhi seluruh permintaan mobil di Indonesia. Kami masih kekurangan pasokan, meski sudah dibantu Daihatsu (untuk produksi Toyota Avanza dan Toyota Rush),” kata Johnny.

Selain itu, ia mengakui akan ada model baru yang akan diproduksi di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Namun Johnny tidak mau menyebutkan model baru tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: