Come Back : Yamaha New V-Ixion vs Honda CBR 150 “Streetfire”

25 Des

Hampir setahun Gue kagak nulis artikel di Blog ini, sempat vakum gra-gra adaptasi sama kerjaan di bidang yang Gue benci yg justru bagi Gue adalah tantangan seberapa hebatkah Gue *Curhat gak penting😛 .
Ok,,, Topik panas kali ini Gue angkat meRangkum dari keBanyakan artikel dari Blog-blog sesepuh dunia Roda Dua. Honda ibarat Singa yang baru bangun dari tidurNya dengan CBR 150 “Streetfire” kini berUsaha menantang Pasar Yamaha di Motor Sport 150cc yang lebih 5 tahun V-Ixion Laris manis bak Gorengan.

new v-ixion vs cbr 150 streetfire

disini Gue memBerikan Info yang dapat Pembaca Jadikan referensi untuk menJatuhkan pilihan atau mengUatkan iman untuk memilih motor yg sedang anda banggain🙂 atau di Galau-in krna keDua motor ini bisa dikatakan “Head to Heart buat konsumen”.

Diawali dengan mesin CBR 150 “Streetfire” bisa dikatakan masih satu keluarga dengan CBR 150 yg full fairing berEdar menganut DOHC yg umumNya Unggul untuk jarak jauh krna kecepatan maksimal bisa dPeroleh di Jalan lurus yg lebih panjang, sedangkan New V-ixion SOHC umumNya Unggul Jarak dekat yg tidak perlu jalan lurus yg lebih panjang untuk memaksimalkan kecepatan dimana bisa bilang kebalikan dari CBR 150 “Streetfire”. Intinya adalah kedua mesin ini sama-sama 150 cc. Ruang bakarnya, Honda 149.4 cc sedangkan Yamaha 149,8 cc, beda tipislah. Karakternya, mesin CBR 150 “Streetfire” over square (63.5 x 47.2), sedang V-Ixion over stroke tapi mendekati square (57,0 x 58,7 mm). Mana yang lebih baik…??? Karakter keduanya jelas berbeda.

Umumnya mesin over square, rpm atau putaran mesinnya bisa tinggi. Mesin yang bergasing tinggi ini ada hubungannya dengan kecepatan. Model begini nafasnya seperti enggak putus-putus. Bagi yg doyan balap ngejar rpm setinggi-tingginya, padahal max power cuma di 8 ribu atau 9 ribu rpm, tapi mesin dipaksa bisa teriak sampai 12-13 ribu. alasanNya biar nafasnya panjang, cocok untuk balap di trek-trek panjang.

Sedang over stroke enak dari bawah, makanya motor trail umumnya punya langkah piston panjang. Rpm enggak teralu tinggi tapi power dan torsi didapat. Efeknya, cocok buat yang ngejar irit. Gas dikit aja, putaran mesin rendah aja tapi udah dapat tenaga puncaknya. Cuma ya itu tadi, nafasnya di putaran atas kurang oke

mesin-cbr & new vixi

Untuk urusan tenaga, Honda mengklaim powernya 13,11 kW  atau 17,8 PS atau 17,4 HP di 10.500 rpm dgn Berat Kosong 129 kg. Sedang V-Ixion sekarang klain powernya 12,2 kW atau 16,59 PS atau 16,36 HP di 8.500 rpm dgn berat isi klaim pabrikan 129 kg. Secara spesifikasi memang keduannya gak beda jauhhh, selisih koma dan kembali terGantung skill si Pengendara😀 . CBR 150 “Streetfire” dgn Pola Pengoperasian Transmisi 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 unggul di Power sedangkan New V-Ixion dgn Pola Pengoperasian Transmisi 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 Unggul di Torsi.

Meski lebih panjang Bisa dikatakan New V-Ixion (PxLxT = 2.010 m x 705 mm x 1.030mm) lebih langsing dBanding CBR 150 “streetfire” (PxLxT = 2.008 x 719 x 1.061 mm) bahkan untuk urusan melibas polisi tidur atau banjir jarak terendah ketanah lebih tinggi New V-ixion dengan 165 cm dgn link suspensi yg masih monocross  dipadu cakram piston ganda untuk depan & cakram tunggal untuk belakang dibanding CBR 150 “streetfire” dengan 148 cm menggunakan suspensi kelas atas Genre Honda sistem suspensi Pro-Link dipadu Cakram hidrolik piston ganda untuk depan & piston tunggal untuk belakang. Urusan Bensin KeduaNya sama-sama memiliki kapasitas Tangki 12 Liter dengan klaim pabrikan Honda CBR 150 “streetfire” yg memiliki kompresi 11:1 mampu meneguk 36 Km/Liter diBanding klaim Yamaha New V-ixion yg memiliki kompresi 10,40:1 lebih irit dengan 43 Km/Liter

Jangan remehkan ban, karna yang mempengaruhi keseimbangan dalam medan yang ditempuh ban bisa berpengaruh lho… contoh aja yg real di dunia balap motogp untuk penggunaan jenis ban & yg paling nyata di negara kita… ban yang digunakan motor balap indoprix berbeda ukuran tergantung karakter jalanan / sirkuit. Ban yang digunakan CBR 150 “streetfire” 80/90 – 17 M/C 44P depan dan 100/80 – 17 M/C 52P belakang merupakan tipe tubeless cocok untuk harian yg sedikit beban gesekan dgn aspal sehingga tarikan lebih terasa joss stop & go hingga jarak jauh. sedangkan ban yang digunakan New V-Ixion 90/80-17M/C46P depan dan  120/70-17M/C58P belakang memang ukuran lebih besar dimana cocok untuk harian juga jalanan ekstrem yg banyak tikungan juga lebih stabil saat pengereman karna lebih besar beban gesekan dgn aspal.

Info terAkhir yg Gue Berikan sambil mempertimbangkan kekurangan & kelebihan agar dapat menunjang fungsionalitas di lingkungan anda silahkan ngintip kembali ke isi ATM anda (*kalo dompet kGak muat soalNya😛 ) Harga OTR Jakarta sbagai patokan harga di daerah tinggal kita  yg bervariasi, Yamaha New V-ixion non kick stater alias ngidupin motor cuman pake stater doang hargaNya Rp. 22.400.000,- & yg ada Kick Stater + stater Rp. 22.600.000,- sedangkan Honda CBR 150R “Streetfire” di Harga yang lebih murah yakni Rp. 22.350.000,-

semoga dapet pencerahaan yaa… udah ngantuk banget besok harus kerja..
silahkan diPikir ampe pusing dagh… hehehe

Thanks udah Take for Give😀

3 Tanggapan to “Come Back : Yamaha New V-Ixion vs Honda CBR 150 “Streetfire””

  1. pilip Februari 18, 2014 pada 2:51 pm #

    untk tampilan,
    mnurut gue vixion lebih Kren …
    hehehd
    mnurut agan gmana??

  2. paijo Juli 28, 2013 pada 9:24 pm #

    Bukan nya cb150r itu overbore ya? Apa over square dan overbore sama?

  3. old cbr Juni 4, 2013 pada 3:25 pm #

    pertamax

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: